UNIVERSITAS GUNADARMA
Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi 2012
Mata Kuliah : Softskill Pengantar Bisnis
Kelas : 1EB21
Kelas : 1EB21
Nama : Melinda Chelviana
NPM : 24212541
Judul artikel : Inovasi dalam Berbisnis
Tugas Kelompok Artikel
Nama Kelompok NPM
1. Anis Septriyani P (20212931)
2. Deslia Nisrina H (21212894)
3. Melinda Chelviana (24212541)
4. Nurl Fathia Lulu S (25212506)
5. Tika Ervina Br K (27212384)
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam
makalah ini akan dibahas mengenai inovasi dalam berbisnis. Inovasi merupakan
suatu pengembangan dan implementasi suatu produk, proses ataupun layanan baru
dengan tujuan meningkatkan efisiensi, efektifitas ataupun keunggulan bersaing.
Seringkali orang mengalami kegagalan dalam berbisnis karena kurangnya inovasi
terhadap barang yang didagangkan. Untuk itu, inovasi merupakan suatu hal yang
penting dibahas.
B. Rumusan Masalah
a) Pentingnya
inovasi dalam berbisnis
b) Kiat-kiat
berinovasi dalam bisnis
C. Tujuan Pembahasan
a) Mengetahui
manfaat dari berinovasi
BAB
II
PEMBAHASAN
Definisi Inovasi
Inovasi
adalah suatu penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah
dikenal sebelumnya. orang atau wirausahawan yang slalu berinovasi, maka
ia sapat dikatakan sebagai seorang wirausahwan yang inovatif. seseorang yang
inovatif akan selalu berupaya melakukan perbaikan, menyajikan sesuatu yang
baru/unik yang berbeda dengan yang sudah ada. inovatif juga merupakan sikap
penting bagi yang hendaknya dimiliki oleh seorang wirausahawan. wirausahawan
yang slalu melakukan inovasi dalam ushanya. maka keuntungan dan
kesuksesan akan ia dapat. inovatif merupakan implikasi dari karakteristik
wirausahawan yang mampu membawa perubahan pada lingkungan sekitarnya. inovatif
secara tidak langsung menjadi sifat pembeda antara wirausahawan dengan orang
biasa, maupun pengusaha. seorang wirausahawan akan selalu memikirkan untuk
melakukan sesuatu yang berbeda, tidak seperti yang dipikirkan dan dilakukan
oleh kebanyakan orang. kreatif dan inovatif adalah suatu kemampuan untuk
memindahkan sumber daya yang kurang produktif menjadi sumber daya yang
produktif sehingga memberikan nilai ekonomis. baik langsung maupun tidak
langsung seorang wirausahawan adalah orang yangmampu membawa perubahan pada
lingkunganya. disisi lain ia juga orang yang sanggup menerima perubahan yang
terjadi dan menyikapi perubahan tersebut dengan positif. ia juga berani
mengambil resiko berhasil ataupun gagal di setiap jalan yang ia ambil.
wirausahawan mampu bertahan pada kondisi perekonomian yang sulit dan serba
kalut. karena disaat semua resah, ia memiliki kreasi dan inovasi untuk
memindahkan sumber daya yang kurang produktif menjadi sumber daya yang
produktif sehingga memberikan nilai ekonomis.
Pentingnya Inovasi Dalam
Berbisnis
Orang
seringkali lupa ketika merasa produknya sudah menjadi yang terdepan dalam persaingan
bisnis. Padahal dalam dunia bisnis, yang terus berinovasi yang akan terus
menjadi pemenang.
Jika
Anda percaya roda kehidupan terus berputar, demikian juga dengan roda bisnis.
Mungkin tahun ini produk Anda menjadi market leader, tetapi tahun depan
belum tentu. Persaingan dalam bisnis sangatlah ketat. Pesaing-pesaing baru
terus bermunculan setiap hari.
Tak
sedikit dari mereka hadir dengan membawa inovasi baru. Jika Anda terus bertahan
dengan cara lama, yang terjadi adalah bisnis Anda akan semakin jauh tertinggal.
Seberapa
penting sebenarnya inovasi dalam berbisnis? Mengutip tulisan Yoris Sebastian di
majalah Femina, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa inovasi
penting bagi bisnis Anda.
·
Inovasi dibutuhkan agar
bisnis Anda selalu relevan bagi konsumen.
Semakin hari konsumen semakin memiliki karakter yang senang menggunakan
produk-produk praktis. Alasannya tentu saja karena mereka semakin memiliki
sedikit banyak waktu. Jika dahulu obat jerawat berbentuk bubuk dan harus dicampur
air untuk menggunakannya, sekarang orang cenderung lebih suka dalam bentuk cair
di dalam tube.
·
Mengganti produk yang masa
hidupnya pendek. Beberapa tahun lalu Anda mungkin masih
menggunakan alat pemutar kaset atau CD untuk mendengarkan musik. Sekarang cukup
dengan MP3 player yang mungil Anda sudah bisa mendengarkan musik.
·
Memberikan untung lebih
besar. Peluncuran produk terbaru Apple selalu
ditunggu oleh konsumennya. Sebenarnya yang mereka tunggu adalah inovasi terbaru
yang akan digunakan Apple dalam produk terbarunya tersebut. Konsumen bersedia
membayar lebih tinggi untuk sebuah inovasi. Dalam bisnis hal itu akan
meningkatkan profit margin. (Wiko Rahardjo)
Manfaat
Inovasi
Tentu
saja sebuah inovasi digali dan dikembangkan dengan maksud dan tujuan antara
lain untuk menghasilkan produk atau jasa pelayanan yang lebih canggih, lebih
mutakhir, lebih ringan, lebih cepat, lebih mudah, lebih lengkap, lebih
produktif, dan lainnya. Dengan kata lain, jauh lebih baik dari yang pernah kita
atau orang lain lakukan sebelumnya. Bagi perusahaan, inovasi merupakan sebuah
faktor dalam memenangkan persaingan dengan berbagai kelebihan atau keunggulan
hasil inovasinya. Antara inovasi dan kreatif berjalan saling bergandeng tangan.
Tidak
ada inovasi tanpa kreativitas, sekalipun sebaliknya bisa saja
terjadi,kreativitas tanpa inovasi. Jadi diperlukan orang-orang atau tim yang
mempunyai daya kreativitas yang tinggi. Inovasi tidak selalu datang seketika,
sering pula diperlukan waktu yang cukup panjang dan memerlukan percobaan berkali-kali,
trial and error, oleh
karena itu diperlukan kesabaran dan kegigihan seperti yang dilakukan Edison.
Pengembangan dalam menuju inovasi perlu proses yang memakan waktu,biaya,dan
pemikiran yang mendalam. Bukan saja dari seorang,tapi dari sebuah tim.
Inovasi
tidak boleh berhenti, melainkan suatu usaha yang harus terus-menerus dilakukan.
Karena begitu kita berhenti,orang lain yang akan melakukannya dan kita yang
akan ditinggalkan. Selamat berinovasi.Tiada henti!
Kiat-kiat
berinovasi dalam bisnis
1.
Anda harus
tajam melihat peluang dan bagaimana memanfaatkan peluang tersebut.
2.
Keluarkan ide.
Ide ini terpancing saat Anda menemukan masalah dan berpikir bagaimana
memberikan solusi terhadap masalah itu. Tahapan ini memerlukan kreativitas dan
berpikir out of the box.
3.
Tidak semua
ide yang Anda keluarkan dapat digunakan. Itu sebabnya ada tahapan pengkajian
terhadap ide yang muncul. Dalam tahap ini, berpikirlah mengerucut. Pikirkan
seberapa besar ide itu dapat mendatangkan kerugian, keuntungan bahkan seberapa
besar ide itu bisa mempengaruhi kinerja bisnis Anda baik yang terkait dengan
SDM, keuangan dan aspek lainnya. Pengkaijan ide ini dilakukan secara terus
menerus sehingga sampai pada pilihan ide yang akan mendapatkan kemungkinan
sukses yang paling maksimal.
4.
Jadikan ide
tadi menjadi sebuah aksi. Perlu diingat, saat Anda sudah memasuki tahap ini,
artinya Anda sudah berani mengambil resiko bisnis dengan segala konsekuensinya.
Analisa setiap implementasi ide Anda dan buatlah evaluasi yang memungkinkan
Anda memperbaiki kekurangannya. Dan jika semuanya berjalan sesuai dengan
rencana Anda, lakukan proses riset kepada pelanggan tentang kepuasaan,
kekurangan. Sehingga tercipta interaksi yang baik tentang produk dan jasa
bisnis Anda.
BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Berinovasi merupakan suatu
faktor penting dalam berbisnis. Tanpa adanya inovasi maka suatu bisnis tidak
akan berkembang. Untuk itu inovasi butuh dikembangkan agar bisnis berjalan
sukses.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar